Efek Pemberian Tugas Akhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu

Authors

  • Teti Gustina Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kholid Musyaddad Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dodo Tomi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.158

Keywords:

Hasil Belajar, Pemberian Tugas, IPA

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode pemberian tugas adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik dalam melaksanakan tugasnya, metode pemberian tugas biasanya digunakan supaya hasil belajar siswa lebih meningkat dan lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori apakah pemberian tugas setiap akhir pembelajaran berpengaruh tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan sampel berjumlah 17 siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui Ms. Excel dan SPPS Versi 26. Analisis data menggunakan uji “t” dan uji effect size cohen’s D. Skor yang diperoleh pada kelompok eksperimen sebesar 70 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 47,5. Nilai rata-rata atau mean yang diperoleh dari kedua kelompok tersebut yaitu kelompok eksperimen sebesar 86,07 dan kelompok kontrol sebesar 60. Hal tersebut dibuktikan melalui uji T yang telah diterapkan yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan Cohen’s D diperoleh hasil belajar sebesar 2,66. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pemberian Tugas Setiap Akhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Terpadu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemberian Tugas, IPA

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode pemberian tugas adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik dalam melaksanakan tugasnya, metode pemberian tugas biasanya digunakan supaya hasil belajar siswa lebih meningkat dan lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori apakah pemberian tugas setiap akhir pembelajaran berpengaruh tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan sampel berjumlah 17 siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui Ms. Excel dan SPPS Versi 26. Analisis data menggunakan uji “t” dan uji effect size cohen’s D. Skor yang diperoleh pada kelompok eksperimen sebesar 70 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 47,5. Nilai rata-rata atau mean yang diperoleh dari kedua kelompok tersebut yaitu kelompok eksperimen sebesar 86,07 dan kelompok kontrol sebesar 60. Hal tersebut dibuktikan melalui uji T yang telah diterapkan yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan Cohen’s D diperoleh hasil belajar sebesar 2,66. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pemberian Tugas Setiap Akhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Terpadu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemberian Tugas, IPA

Published

2025-01-30

How to Cite

Gustina, T. ., Musyaddad, K., & Tomi, D. (2025). Efek Pemberian Tugas Akhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 47–57. https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.158