Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Aktivitas IPA di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Rika Kitri Ardianti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Darma Putra Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dwi Gusfarenie Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.157

Keywords:

AKtivitas Belajar, Media Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan media animasi terhadap aktivitas pembelajaran siswa kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode Quasi eksperimental dengan desain Nonquivalent Control Group. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi berupa lembar observasi aktivitas belajar dan analisis dengan uji t dan uji pengaruh effect size menggunakan Cohen’s. Berdasarkan uji t peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar siswa mata Pelajaran IPA kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi yaitu dengan nilai sig two tailed sebesar 0,01 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Peneliti juga menemukan hasil perhitungan uji pengaruh effect size mengggunakan Cohen’s yang menghasilkan nilai yaitu 0,69 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan media animasi efektif terhadap aktivitas pembelajaran IPA siswa kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi.

Kata Kunci: : Aktivitas Belajar, Media Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan media animasi terhadap aktivitas pembelajaran siswa kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode Quasi eksperimental dengan desain Nonquivalent Control Group. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi berupa lembar observasi aktivitas belajar dan analisis dengan uji t dan uji pengaruh effect size menggunakan Cohen’s. Berdasarkan uji t peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar siswa mata Pelajaran IPA kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi yaitu dengan nilai sig two tailed sebesar 0,01 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Peneliti juga menemukan hasil perhitungan uji pengaruh effect size mengggunakan Cohen’s yang menghasilkan nilai yaitu 0,69 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan media animasi efektif terhadap aktivitas pembelajaran IPA siswa kelas VII di SMPN 30 Muaro Jambi.

Kata Kunci: : Aktivitas Belajar, Media Animasi

Published

2025-01-30

How to Cite

Kitri Ardianti, R. ., Putra, D. ., & Gusfarenie, D. . (2025). Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Aktivitas IPA di Sekolah Menengah Pertama. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.157