Persepsi Guru IPA Terhadap Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri Kecamatan Telanaipura Kota Jambi

Authors

  • Ulil Azmi Alfath Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Devie Novallyan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhsin Chatib Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.156

Keywords:

Persepsi, Guru IPA, Kurikulum Merdeka

Abstract

Permasalahan pada penelitian masih banyaknya faktor penghambat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah seperti kurangnya pengalaman guru dalam pelaksanaan kurikulum ini, guru masih kesulitan dalam menyusun ATP, CP, Modul ajar atau prosedur yang berhubungan dengan program Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian mengetahui penerapan P5 oleh guru IPA dan mengetahui persepsi Guru IPA terhadap Penerapan P5 di SMP Negeri Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengann pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Diketahui penerapan P5 telah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti telah diterapkan P5 di masing-masing sekolah seperti di SMP Negeri 7 Kota Jambi telah diterapkan 3 tema yaitu suara demokrasi melaksanakan pemilihann ketua OSIS, gaya hidup berkelanjutan melaksanakan daur ulang sampah dan kearifan lokal dengan melaksanakan bazar. SMP Negeri 17 Kota Jambi telah menerapkan 2 tema yaitu bangunlah jiwa raga melaksanakan drama anti bullying dan gaya hidup berkelanjutan daur ulang sampah.  SMP Negeri 19 Kota Jambi menerapkan 3 tema suara demokrasi dengan melaksanakan pemilihann ketua OSIS, gaya hidup berkelanjutan menanam tanaman hidroponik dan kearifan lokal melaksanakan bazar. Guru berpendapat P5 memberikan dampak positif kepada peserta didik dapat mengembangkan potensi peserta didik dan dapat menumbuhkan moral siswa.

Kata Kunci: Persepsi, Guru IPA, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Permasalahan pada penelitian masih banyaknya faktor penghambat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah seperti kurangnya pengalaman guru dalam pelaksanaan kurikulum ini, guru masih kesulitan dalam menyusun ATP, CP, Modul ajar atau prosedur yang berhubungan dengan program Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian mengetahui penerapan P5 oleh guru IPA dan mengetahui persepsi Guru IPA terhadap Penerapan P5 di SMP Negeri Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengann pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Diketahui penerapan P5 telah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti telah diterapkan P5 di masing-masing sekolah seperti di SMP Negeri 7 Kota Jambi telah diterapkan 3 tema yaitu suara demokrasi melaksanakan pemilihann ketua OSIS, gaya hidup berkelanjutan melaksanakan daur ulang sampah dan kearifan lokal dengan melaksanakan bazar. SMP Negeri 17 Kota Jambi telah menerapkan 2 tema yaitu bangunlah jiwa raga melaksanakan drama anti bullying dan gaya hidup berkelanjutan daur ulang sampah.  SMP Negeri 19 Kota Jambi menerapkan 3 tema suara demokrasi dengan melaksanakan pemilihann ketua OSIS, gaya hidup berkelanjutan menanam tanaman hidroponik dan kearifan lokal melaksanakan bazar. Guru berpendapat P5 memberikan dampak positif kepada peserta didik dapat mengembangkan potensi peserta didik dan dapat menumbuhkan moral siswa.

Kata Kunci: Persepsi, Guru IPA, Kurikulum Merdeka.

Published

2025-01-30

How to Cite

Azmi Alfath, U., Novallyan, D. ., & Chatib, M. . (2025). Persepsi Guru IPA Terhadap Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.156