Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu

Authors

  • Samsiah Samsiah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Devie Novallyan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nanda Gusriani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.155

Keywords:

Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design yang bentuknya posttest-only control design, non equivalent control group design. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu melaksanakan observasi diperkuat dengan wawancara serta tes hasil belajar siswa menggunakan pilihan ganda. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan hasil belajar siswa yaitu nilai to ≥ tt = 2,001 < 3,25 > 2,663 dan besarnya pengaruh signifikan dihitung dengan menggunakan perhitungan effect size yaitu 0,85 dengan persentase 79% yang menunjukkan kriteria cohen’s tinggi. Maka, Ha (hipotesis alternatif) diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa.

Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design yang bentuknya posttest-only control design, non equivalent control group design. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu melaksanakan observasi diperkuat dengan wawancara serta tes hasil belajar siswa menggunakan pilihan ganda. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan hasil belajar siswa yaitu nilai to ≥ tt = 2,001 < 3,25 > 2,663 dan besarnya pengaruh signifikan dihitung dengan menggunakan perhitungan effect size yaitu 0,85 dengan persentase 79% yang menunjukkan kriteria cohen’s tinggi. Maka, Ha (hipotesis alternatif) diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa.

Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar

Published

2025-01-30

How to Cite

Samsiah, S., Novallyan, D. ., & Gusriani, N. . (2025). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.155