Studi Literatur : Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Yarsa Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.154

Keywords:

Model Kooperatif, STAD, Bahan Ajar, Kompetensi Belajar

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang didukung oleh bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran STAD yang didukung oleh bahan ajar terhadap kompetensi belajar peserta didik. Studi ini mengkaji 5 penelitian yang meneliti efektivitas model pembelajaran STAD dengan bahan ajar terhadap kompetensi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur terhadap 5 artikel penelitian. Berdasarkan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD yang didukung oleh bahan ajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik. Model pembelajaran ini dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Model Kooperatif, STAD, Bahan Ajar, Kompetensi Belajar.

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang didukung oleh bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran STAD yang didukung oleh bahan ajar terhadap kompetensi belajar peserta didik. Studi ini mengkaji 5 penelitian yang meneliti efektivitas model pembelajaran STAD dengan bahan ajar terhadap kompetensi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur terhadap 5 artikel penelitian. Berdasarkan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD yang didukung oleh bahan ajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik. Model pembelajaran ini dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Model Kooperatif, STAD, Bahan Ajar, Kompetensi Belajar.

Published

2025-01-30

How to Cite

Yarsa, Y., & Hijrah Selaras, G. . (2025). Studi Literatur : Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.154