Pengembangan RPP Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Eubacteria Di Tingkat MA

DOI:
https://doi.org/10.30631/edubio.v8i1.149Keywords:
RnD, RPP, Kualitatif, BiologiAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran banyak sekali model yang dapat dipilih oleh guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, namun tidak semua model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada semua kelas. Karena pada kenyataannya setiap kelas memiliki karakteristik siswa yang berbeda-beda sehingga guru harus memilih model pembelajaran yang tepat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik dan layak digunakan pada tingkat MA dikarenakan banyaknya siswa yang mengalami stres karena pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Prosedur pengembangan menggunakan metode discovery learning terdiri dari analisis masalah dalam pembelajaran, pengembangan awal RPP, revisi, dan uji RPP di sekolah. Hasil pengembangan ini adalah RPP yang baik dalam pembelajaran yang sudah diuji coba di sekolah. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa sedangkan sampel diambil dari kelas X MIPA. Hasilnya diperoleh keterlaksanaan RPP 100%. RPP dinyatakan baik dan layak digunakan karena telah divalidasi. Penelitian ini diharapkan dapat diterapkan di berbagai sekolah.
Kata Kunci: RnD, RPP, Kualitatif, Biologi.
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran banyak sekali model yang dapat dipilih oleh guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, namun tidak semua model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada semua kelas. Karena pada kenyataannya setiap kelas memiliki karakteristik siswa yang berbeda-beda sehingga guru harus memilih model pembelajaran yang tepat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik dan layak digunakan pada tingkat MA dikarenakan banyaknya siswa yang mengalami stres karena pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Prosedur pengembangan menggunakan metode discovery learning terdiri dari analisis masalah dalam pembelajaran, pengembangan awal RPP, revisi, dan uji RPP di sekolah. Hasil pengembangan ini adalah RPP yang baik dalam pembelajaran yang sudah diuji coba di sekolah. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa sedangkan sampel diambil dari kelas X MIPA. Hasilnya diperoleh keterlaksanaan RPP 100%. RPP dinyatakan baik dan layak digunakan karena telah divalidasi. Penelitian ini diharapkan dapat diterapkan di berbagai sekolah.
Kata Kunci: RnD, RPP, Kualitatif, Biologi.