Pembelajaran daring Masa Pandemi Covid-19 dan Hambatannya pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA

Main Article Content

Nurul Oktaviana
Nining Nuraida
Fadlilah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Hambatan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI Matematika dan Ilmu Alam MAN 1 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran daring memberikan kesulitan pada proses pembelajaran Biologi, hambatan yang dihadapi guru dan siswa saat serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan proses pembelajaran daring yang dialami guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. proses pembelajaran di MAN 1 Muaro Jambi dilakukan secara daring. Dari hasil pengisian angket oleh siswa, sebagian besar siswa menyatakan bahwa pembelajaran daring memberikan hambatan terhadap proses pembelajaran Biologi, hambatan yang dialami guru yaitu jam pembelajaran daring berlangsung singkat, pemberian materi ajar yang terbatas, tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa, tidak semua siswa mempunyai Smartphone, pengambilan nilai siswa yang tidak lengkap. Hambatan yang dialami oleh siswa yaitu sinyal yang tidak stabil, materi pembelajaran yang sulit di pahami, tidak adanya praktikum, kuota internet yang boros, tugas pembelajaran yang menumpuk. Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu pemberian kuota internet untuk belajar, guru teratur mengingatkan siswa untuk mengumpulkan tugas, memberikan kelonggaran absensi kepada siswa, guru dan pihak Madrasah menjadwalkan pengumpulan tugas.


 


Kata kunci: Hambatan Pembelajaran daring, pembelajaran Biologi

Article Details

How to Cite
Oktaviana, N., Nuraida, N., & Fadlilah. (2022). Pembelajaran daring Masa Pandemi Covid-19 dan Hambatannya pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 31-36. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i1.26
Section
Articles